# Summary Pengantar Bisnis
Suatu bisnis di ciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik bisnis itu akan memperoleh atingkat pengembalian yang wajar atas investasi mereka di perusahaan.
Selain itu, bisnis tersebut juga menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian bisnis dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam berbagai cara. Perusahaan juga adalah usaha yang menyediakan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan.
# Tujuan Dari Suatu Bisnis
Bisnis di bentuk untuk melayani kebutuhan pelanggan oleh pemilik yang mencoba untuk memperoleh laba. Suatu bisnis menerima pendapatan ketika bisnis tersebut menjual produk atau jasanya. besarnya laba yang di peroleh tergantung pada 3 kondisi :
1. Adanya permintaan untuk barang atau jasa yang ditawarkan. Jika tidak ada permintaan, anda tidak
akan menghasilkan pendapatan dan oleh karena itu tidak akan mendapat keuntungan.
2. Anda harus menarik pelanggan.
3. Untuk mendapat laba tinggi, anda harus menggunakan biaya rendah.
Jika bisnis berjalan secara efisien, dengan biaya yang relatif rendah, maka anda akan mendapatkan laba yang tinggi.
# Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial
- Etika Bisnis
Prinsip etika bisnis sebagai berikut :
* Prinsip otonomi
Prinsip otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.
* Prinsip kejujuran
Terdapat tiga lingkup kegiatan bisnis yang bisa ditunjukkan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak didasarkan atas kejujuran.
Pertama, jujur dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak.
Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan mutu dan harga yang sebanding.
Ketiga, jujur dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan.
* Prinsip keadilan
Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang rasional obyektif, serta dapat dipertanggung-jawabkan.
* Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle)
Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle) menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak.
* Prinsip integritas moral
Prinsip integritas moral, terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan, agar perlu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik pimpinan/orang2nya maupun perusahaannya.
- Tanggung-jawab Sosial Perusahaan
Kelestarian lingkungan, perbaikan prasarana umum, penyuluhan, pelatihan, dan perbaikan kesehatan lingkungan walaupun memerlukan biaya yang signifikan, namun secara jangka panjang sangat menguntungkan perusahaan, karena kegiatan tersebut menciptakan iklim sosial politik yang kondusif bagi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut.
# Promosi adalah usaha-usaha yang dilakukan para pemasar untuk menginformasikan dan mengingatkan orang – orang dalam pasar sasaran mengenai produk dan membujuk mereka untuk turut serta dalam suatu pertukaran. Promosi penjualan member motivasi kepada orang – orang untuk membeli sekarang bukannya nanti.
# Empat alat promosi tradisional yang membentuk bauran
promosi.
A. Iklan.
B. Penjualan Personal.
C. Hubungan Masyarakat.
D. Promosi Penjualan.
A. Prospek dan Qualify.
B. Pra Pendekatan.
C. Pendekatan.
D. Melakukan Presentasi.
E. Menjawab Keberatan.
F. Menutup Penjualan.
G. Tindak Lanjut.
# Hubungan Masyarakat adalah fungsi untuk mengevaluasi
sikap masyarakat mengubah kebijakan – kebijakan dan prosedur dalam merespon permintaan
public dan melakukan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi
untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.
# Tiga Langkah Utama dalam Hubungan Masyarakat
A. Mendengarkan masyarakat, hubungan masyarakat diawali
dengan riset pemasaran yang bagus.
B. Mengembangkan kebijakan-kebijakan dan prosedur untuk
kepentingan publik.
C. Menginformasikan kepada orang-orang bahwa anda
bersikap responsive terhadap kebutuhan
mereka.
Push Strategy atau bisa dikatakan trade load adalah jenis promosi yang biasanya ditujukan kepada wholesaler atau pedagang perantara. Strategy promosi ini diambil saat perusahaan merasa bahwa konsumen tersebut menginginkan produknya dan kemampuan distribusi mereka terbatas sehingga mereka memberikan incentive yang menarik kepada pedagang perantara untuk memberikan penekanan penjualan atas produk tersebut kepada pelanggannya sehingga penjualan atas produk tersebut meningkat.
Dalam Push Strategy, produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan seua alat promosilainnya untuk meyakinkan perantara grosir dan peritel untuk menyimpan persediaan dan menjual barang.
# Pull Strategy
Pull strategy biasanya diarahkan langsung ke konsumen, strategi promosi ini biasanya dilakukan saat perusahan merasa produknya belum dikenal baik oleh konsumen sehingga mereka bekerja sama dengan pedagang perantara untuk menentukan tipe promosi yang sesuai bagi konsumennya atas produk tersebut. Bentuknya bisa bermacam - macam mulai dari hadiah, undian atas pembelian produk dalam jumlah tertentu sampai dengan tambahan kandungan isi produk sehingga lebih menguntungkan dibandingkan dengan pesaing langsung
#Strategy Push and Pull
Strategi promosi ini dilakukan saat perusahaan merasa bahwa mereka memerlukan sentuhan dari dua sisi, pedagang perantara dan konsumen. Jenis promosi ini biasanya sifatnya pembelian diskon kepada pedagang perantara sehingga memperbanyak penjualan dan memberikan nilai tambah bagi konsumen agar produk yang banyak dibeli pedagang tersebut cepat terjual.
A. Mengumpulkan ide – ide produk baru
B. Seleksi produk
C. Analisis produk
D. Pengembangan
E. Pengujian
F. Komersialisasi
# Strategi Harga Skimming adalah strategi harga yang
memberi harga tinggi pada produk baru untuk mencapai laba optimal saat hanya
ada sedikit persaingan.
# Strategi Penetrasi adalah strategi yang memberi harga
rendah pada sebuah produk untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menghalau
pesaing.
No comments:
Post a Comment